Seriusi Tiga Corak Khas Batik Bunulrejo

November 26, 2019 0 By Administrator

Sabtu, 23 Nov 2019, dibaca : 285 , Muhaimin, Fino

MALANG – Pokja 2 PKK Bunulrejo Kota Malang aktif menyemarakkan peningkatan keterampilan membatik tulis di kalangan kadernya. Dengan dasar sejarah Bunulrejo yang berusia 1084 tahun, Pokja 2 PKK Bunulrejo pimpinan Erni Yulita mengembangkan tiga jenis corak khas batik tulis.
“Motifnya batik khantil, honocoroko dan wayang yang kami kembangkan saat ini sebagai batik khas Bunulrejo,” kata Erni kepada Malang Post, Sabtu (23/11) kemarin.
Saat ini, 36 kader Pokja 2 Bunulrejo terus menggiatkan pelatihan batik tulis. Apalagi, dukungan penuh Lurah Bunulrejo dan ketua TPP PKK Kota Malang, membuat kader PKK Pokja 2 Bunulrejo semakin bersemangat.
Menurut Erni, Pokja 2 yang dipimpinnya, fokus pada pengembangan keterampilan kader. Wanita 50 tahun tersebut mengatakan, semangat peningkatan keterampilan batik para kader semakin terpacu. Karena, Sabtu malam, PKK Pokja 2 Bunulrejo bersama Karangtaruna Bunulrejo, bakal meluncurkan tiga corak khas Bunulrejo tersebut.
“Harapannya, dengan meluncurkan tiga corak khas ini, kami dari kader semakin giat meningkatkan keterampilan batik. Nantinya akan semakin banyak pebatik yang lahir di Bunulrejo, dan tersebar di seluruh RW di wilayah ini,” sambung ibu dengan dua orang putri tersebut.

Baca juga : Rajut Kebersamaan Melalui Lomba Paduan Suara
Upaya menggiatkan batik tulis oleh Pokja 2 PKK Bunulrejo sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Tentu, kata Erni, proses awal pengkaderan keterampilan batik tulis sangat sulit. Namun, seiring berjalannya waktu, semangat kader semakin tinggi. Support Pemkot Malang, TP PKK, dan sinergi dengan anak-anak muda Bunulrejo, kian mendongkrak upaya kader PKK dalam berkreasi.
“Gayung bersambut, kerjasama dan antusiasme Karang Taruna Bunulrejo, sejalan dengan semangat kader PKK di Bunulrejo. Kami juga memiliki trainer batik yang asli Bunulrejo. Dari sini, kami belajar membatik, sekaligus mengangkat nilai budaya lokal,” tambah wanita ramah tersebut.
Dia bermimpi, suatu saat Bunulrejo bisa menjadi kampung batik yang memiliki ikatan budaya kuat dengan masyarakatnya, serta memberi nilai ekonomis yang mensejahterakan para kader PKK.(fin/aim)

Sumber : https://www.malang-post.com/berita/detail/seriusi-tiga-corak-khas-batik-bunulrejo